Pengadilan Tinggi Gorontalo Bersama Tiga Lingkungan Peradilan Melaksanakan Upacara Ziarah Tabur Bunga di makam Alm. Brigjend TNI (Purn) Piola Isa, SH

Gorontalo, 8 Agustus 2022 – Dalam rangka mengenang jasa para pahlawan dan memperingati HUT Mahkamah Agung RI yang ke 77, 3 lingkungan peradilan di Gorontalo dan Pengadilan Militer III-17 di Manado melaksanakan Upacara Ziarah Tabur Bunga di makam Alm. Brigjend TNI (Purn) Piola Isa, SH bertempat di Desa Bolihuwangga, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Prov. Gorontalo.

Upacara Ziarah Tabur Bunga diikuti oleh Pimpinan dan jajaran Pengadilan Tinggi Gorontalo, Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo, Pengadilan Tinggi Agama, Pengadilan Militer III-17 Manado, Pengadilan Negeri se Provinsi Gorontalo, Pengadilan Agama Gorontalo dan Pengadilan Agama Limboto serta Ketua dan Pengurus Dharmayukti Karini Provinsi Gorontalo. Hadir juga dalam Upacara ini perwakilan dari keluarga Alm. Brigjend TNI (Purn) Piola Isa, SH.

Gelaran ziarah tabur bunga yang dilakukan bertujan guna mengenang jasa-jasa dan pengabdian yang telah dilakukan Alm. Brigjen TNI (Purn) Piola Isa, baik saat beliau berjuang melawan penjajah Belanda, pemberontakan DI-TII, Permesta, bukan hanya di pulau Sulawesi bahkan di hampir seluruh Indonesia.  Alm. Brigjen TNI (Purn) Piola Isa, SH adalah salah satu putra terbaik Gorontalo yang pernah berkiprah sebagai salah satu Pimpinan di Mahkamah Agung RI ketika menegakkan keadilan dan kepastian hukum dalam bidang hukum militer saat beliau menjabat sebagai Ketua Muda Urusan Lingkungan Peradilan Militer Mahkamah Agung Republik Indonesia yang pertama tahun 1981 – 1992.

Dalam pelaksanaannya, Upacara dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Gorontalo Nugroho Setiadji sebagai inspektur upacara. Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah Alm. Brigjend TNI (Purn) Piola Isa,SH, kemudian dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga dan tabur bunga oleh Ketua Pengadilan Tinggi Gorontalo yang diikuti oleh seluruh jajaran Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo, Pengadilan Militer III-17 Manado, Pengadilan Agama Gorontalo dan Limboto, Pengadilan Negeri se-Provinsi Gorontalo serta Ketua dan pengurus Dharmayukti Karini Provinsi Gorontalo.

Di akhir upacara, Ketua Pengadilan Tinggi Gorontalo Nugroho Setiadji menyampaikan harapan besar dari pelaksanaan Upacara ini “Beliau (alm. Piola Isa) adalah pimpinan yang menjadi panutan bagi kami semua dari sisi integritas, kedisiplinan, semangat kerja, kesederhanaan dan sebagainya. Kami mengharapkan bisa meniru mencontoh apa yang sudah dilakukan almarhum. Dan ini menjadi modal bagi kami dalam mencapai visi Mahkamah Agung yaitu Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung”.

Skip to content