Pembukaan Pelatihan Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup Angkatan X

PEMBUKAAN PELATIHAN SERTIFIKASI HAKIM LINGKUNGAN HIDUP ANGKATAN X

Jakarta - Humas: Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia (RI), Dr. H.M Syarifuddin,SH.,MH, didampingi Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Ketua Kamar Pembinaan MA, Ketua Kamar Perdata MA, Hakim Agung Kamar Tata Usaha Negara, Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil MA, serta Kepala Biro Hukun dan Humas MA, membuka Pelatihan Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup Bagi Hakim Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama Lingkungan Peradilan Umum, Militer dan Tata Usaha Negara Seluruh Indonesia Tahun 2020 bertempat di Command Center Mahkamah Agung, Senin (10/8/2020).

Pembukaan pelatihan sertifikasi hakim lingkungan hidup angkatan X ini dilaksanakan melalui metode pembelajaran jarak jauh sistem e-learning yang berlangsung dari 10 Agustus hingga 11 September 2020. Ketua MA, Dr.H.M Syarifuddin,SH.,MH, dalam sambutannya menyampaikan, fenomena globalisasi sekarang ini menyumbang pada perubahan kelestarian hidup. Maraknya eksploitasi Sumber Daya Alam (SDA) yang berakibat kebakaran hutan serta eksploitasi pertambangan yang berlebihan yang terjadi di Indonesia dan negara lain secara global telah membuat khawatir dunia, khususnya hutan di Indonesia yang merupakan paru-paru dunia.

“Mengacu dari dampak  negatif globalisasi terhadap lingkungan hidup, harapan kami, para hakim yang ikut dalam diklat ini mampu menjadi hakim yang ahli dalam bidangnya demi menjaga marwah keadilan. Para hakim bisa meningkatkan kemampuan dan kapabilitasnya secara mandiri, serta belajar dari pengalaman-pengalaman dalam menangani perkara” ujar Ketua Mahkamah Agung.

Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung (MA) RI,  Prof. Dr. Takdir Rahmadi,SH., LLM, juga mengucapkan terima kasih kepada para peserta diklat serta menyampaikan bahwa sertifikasi ini berbeda dengan sertifikasi hakim lainnya seperti hakim tipikor. Masalah lingkungan hidup itu kompleks, terkadang kebijakan pemerintah sendiri menimbulkan masalah lingkungan hidup, bahkan tidak hanya menjadi masalah negara berkembang tetapi juga negara maju.

Adanya pelatihan sertifikasi hakim lingkungan hidup ini diharapkan para hakim selalu up to date, sehingga mampu menghadapi segala perubahan yang serba cepat dan tanpa batas dalam segala aspek kehidupan terutama yang bersinggungan dengan lingkungan hidup. (RS/HAA/PN).



Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas

Informasi Cepat


Copyright © 2017. Design By | Pengadilan Tinggi Gorontalo